Inilah Bantuan Pemerintah melalui Aplikasi Takola SMK

Direktur Pembinaan SMK Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah mengeluarkan Surat dengan Nomor 995/D5.2/KU/2018.

Surat yang dikeluarkan pada tanggal 5 Februari 2018 tersebut berisi tentang Penyaluran Bantuan Pemerintah melalui Aplikasi Takola SMK.

Adapun isi dari Surat Direktur Pembinaan SMK adalah sebagai berikut:
Dalam rangka meningkatkan akuntabilitas pelaksanaan bantuan pemerintah di lingkungan Direktorat Pembinaan SMK T.A 2018, dengan hormat kami sampaikan beberapa hal sebagai berikut :

Penyaluran Bantuan Pemerintah melalui Aplikasi Takola SMK
  1. Proses pengusulan kebutuhan sekolah, proses penyaluran dan pelaporan bantuan dilakukan secara online dan terintegrasi melalui Aplikasi Takola SMK. Aplikasi tersebut merupakan integrasi dari data dapodik dan verifikasi wilayah yang telah diperbaharui pada tahun sebelumnya.
  2. Aplikasi Takola SMK dapat diakses pada laman: http://psmk.kemdikbud.go.id/takola. Aplikasi tersebut diisi oleh Sekolah sesuai kebutuhan dan pelaksanaan bantuan di lapangan. kemudian divalidasi oleh ketua MKKS masing-masing wilayah dan disetujui oleh Dinas Pendidikan Provinsi sesuai dengan panduan penggunaan aplikasi sebagaimana terlampir.
  3. Untuk penyaluran bantuan tahun 2018. Direktorat Pembinaan SMK sudah menjaring data kebutuhan sejak tahun 2017 sebagai dasar penentuan keputusan. Namun demikian, mengingat adanya integrasi sistem melalui Aplikasi Takola SMK ini, Kami masih menunggu perbaikan data melalui Aplikasi Takola SMK dari masing-masing Sekolah, MKKS dan Dinas Pendidikan Provinsi sampai dengan batas waktu tanggal 28 Februari 2018.
  4. Penjaringan data Takala SMK untuk penyaluran bantuan tahun 2019 akan dimulai sejak tanggal 1 Maret 2018 s.d 31 Oktober 2018.

Setelah SMK merilies Aplikasi Takola pada tahun ini, akhirnya TAKOLA  untuk SD juga dirilies, aplikasi ini lebih dikhususkan untuk mendata seluruh sekolah yang belum mempunyai Ruang Kelas Baru, Unit Sekolah Baru, Ruang Praktek, Sarpras, rehab ruang kelas, dan laboratorium. 

Dengan riliesnya aplikasi ini pihak sekolah lebih mudah dalam melakukan pengajuan ke pusat tanpa menggunakan yang namanya Proposal. Takola baru diriles versi 1.0, bedanya aplikasi takola SD dengan SMK dalam masalah Aplikasinya. Smk masih menggunakan sistem aplikasi Online seperti pencairan PIP yaitu SIIP, dan sifatnya wajib di isi melalui Online, tetapi untuk SD lebih dibuat dalam bentuk aplikasi yang berextention Exe. 

Untuk mengisinya bisa dengan menggunakan Offline tanpa internet, hal itu lebih dipermudah lagi karena sistemnya seperti dapodik. Untuk data kongkritnya menggunakan data yang ada dalam dapodik yang sudah anda sinkron, maka dari itu silahkan di isi dengan lengkap dan sebenar-benarnya di Dapodik anda, karena pemerintah akan melihat langsung ke Takola anda.

Pada tahun 2016 ini Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia merilis program Tata Kelola Sekolah Dasar (Takola SD). Program Takola SD ini merupakan salah satu bagian dari reformasi birokrasi yang dicanangkan Kemdikbud dalam hal pengelolaan penyaluran bantuan ke Sekolah Dasar dari dana yang bersumber dari APBN. Dengan adanya program Takola SD diharapkan keakuratan data calon penerima bantuan sehingga penyaluran dana lebih tepat sasaran.

Untuk mempermudah dalam pelaksanaan program tersebut Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar mengembangkan aplikasi berbasis android yang bernama Takola SD. Aplikasi Tata Kelola Sekolah Dasar (TAKOLA SD) ini merupakan aplikasi yang dikembangkan untuk membantu verifikator yang bertugas dilapangan untuk memverifikasi data penerima bantuan rehabilitasi, perpustakaan maupun ruang kelas baru sebagai pengganti mekanisme proposal.

Untuk mendaftar Takola SD anda bisa mendaftar di laman ini http://takola.ditpsd.net/registration

Atas Perhatian dan Kerjasama yang baik, diucapkan terimakasih.


Apabila anda ingin mengetahui surat resminya, silahkan download pada link di bawah ini:

via GOOGLE DRIVE
Demikianlah informasi mengenai Penyaluran Bantuan Pemerintah melalui Aplikasi Takola SMK yang bisa kami sampaikan kepada anda semuanya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Inilah Bantuan Pemerintah melalui Aplikasi Takola SMK "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

TUTORIAL CARA LAPOR SPT TAHUNAN PRIBADI ONLINE 2020

Iklan Bawah Artikel