Contoh Laporan Teks Hasil Observasi Singkat dan Sederhana

saat ini akan saya akan sampaikan beberapa contoh teks laporan hasil observasi. Karena tentu saja akan mengalami sedikit kesulitan ketika menyusun teks laporan hasil observasi tanpa adanya contoh teks laporan hasil observasi sebelumnya.

Maka dari itu, pada kesempatan kali ini akan coba kami sampaikan beberapa caontoh teks laporan hasil observasi secara singkat dan sederhana saja. Dan, perlu Anda pahami bahwa contoh teks laporan hasil observasi yang akan kami sampaikan ini adalah dalam bentuk yang sangat sederhana. Artinya, kami akan menyampaikan poin utama saja yang kemudian bisa Anda perluas atau lebih diperinci sendiri secara lebih detail. Karena teks laporan hasil observasi tentu memerlukan data dan fakta yang lebih detail agar bisa menyampaikan keadaan objek selengkap mungkin kepada orang lain.
Contoh Teks Laporan Hasil Observasi I

baca ; Penjelasan Lengkap Pengertian Integritas Menurut Para Ahli
Teks Laporan Hasil Observasi Pohon Pisang
Image result for observasi

Definisi Secara Umum

Pohon pisang adalah tanaman yang sangat bermanfaat. Nama pisang adalah berasal dari nama buah yang dihasilkan dari tanaman ini. Di Indonesia, hampir di seluruh daerah bisa ditanami pohon pisang.

Deskripsi Bagian Pohon Pisang

Pohon pisang memiliki beberapa bagian utama. Dan masing-masing bagian memiliki fungsi dan manfaat yang beragam. Bagian dari pohon pisang adalah, bonggol pisang, batang pisang, daun pisang dan buah pisang.

Deskripsi Manfaat Pohon Pisang

Buah pisang memiliki manfaat yang luar biasa untuk tubuh manusia. Buah pisang kaya akan vitamin, karbohidrat dan lainnya. Bukan saja buah pisang, namun hampir seluruh bagian dari tanaman pisang bisa dimaksimalkan manfaatnya.

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi II

Teks Laporan Hasil Observasi Pohon Cendana

Pohon Cendana adalah salah satau pohon yang memiliki banyak sekali manfaat untuk manusia. Tanaman cendana ini paling banyak dimanfaatkan untuk wewangian karena memiliki aorma yang sangat harum. Tanaman Cendana bisa dimanfaatkan untuk bahan baku dalam membuat dupa, rempah-rempah, aroma terapi dan berbagai manfaat lainnya.

Dan yang perlu menjadi perhatian adalah bahwa pohon cendana ini termasuk tanaman yang sulit dibudidayakan. Sehingga, semakin ke sini semakin sulit mendapatkan pohon cendana karena eksploitasi yang membabibuta yang membuat populasi pohon cendana semakin berkurang dan mendekati kepunahan.

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi III

Teks Laporan Hasil Observasi Anggrek Tebu

Anggerk tebu adalah tanaman yang sebenarnya masih serumpun dengan bunga anggrek. Tanaman anggrek tebu memiliki berat bisa lebih dari satu ton dan panjang juga bisa mencapai 3 meter. Melihat keadaan ukuran berat dan panjangnya, tanaman anggrek tebu ini sering dikatakan sebagai anggrek raksasa.

Keberadaan bunga anggrek tebu ini sangat minim sekali. Minimnya tanaman anggrek tebu ini karena memang tanaman ini sangat sulit sekali dibudidayakan. Sehingga di Indonesia, tanaman anggrek tebu ini termasuk ke dalam salah satu tanaman langka.

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi IV

Teks Laporan Hasil Observasi Pohon Kelapa

Tentu semua sudah memahami pohon kelapa. Hampir semua daerah di Indonesia ini bisa ditanami pohon kelapa. Pohon kelapa adalah salah satu pohon yang hampir semua bagiannya bisa dimanfaatkan. Struktur tanaman kelapa adalah memiliki pohon yang kekar dan menjulang tinggi. Tinggi pohon kelapa bisa mencapai 10 meter.

Yang paling banyak dimanfaatkan dari tanaman kelapa tentu saja adalah dari pohon dan buahnya. Pohon kelapa bisa digunakan untuk bahan baku pembuatan perlengkapan rumah. Sedangkan buah kelapa, bisa digunakan untuk bahan baku memasak sayur. Selain sayur, kelapa juga bisa digunakan untuk membuat aneka kue dan roti. Selain itu, buah kelapa muda juga sangat segar untuk dijadikan sebagai minuman.


Nah, teman-teman, itulah beberapa contoh teks laporan hasil observasi yang bisa kami sampaikan kepada Anda sekalian. Perlu diingat bahwa contoh teks laporan hasil observasi di atas jauh dari kata sempurna. Masih banyak kekurangan, namun setidaknya bisa dijadikan sebagai penuntun Anda dalam membuat teks laporan hasil observasi yang lebih lengkap dan lebih detail lagi.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Contoh Laporan Teks Hasil Observasi Singkat dan Sederhana"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

TUTORIAL CARA LAPOR SPT TAHUNAN PRIBADI ONLINE 2020

Iklan Bawah Artikel