Jenis-Jenis, Bentuk Wacana, Pengertian Wacana dan Contoh Wacana

kali ini kita akan membahas Pengertian Wacana, Jenis-Jenis Dan Bentuk Wacana, Keutuhan Wacana, Contoh Wacana, Mari kita pelajari bersama-sama.

Wacana adalah deretan kalimat yang saling berkaitan satu sama lain dan menghubungkan proposisi yang satu dengan yang lainnya di dalam kesatuan makna yang semantis antar bagian di dalam suatu bangun bahasa. Wacana juga merupakan kesatuan bahasa yang lengkap dan sangat utuh karena setiap bagian wacana berhubungan.

Wacana menempati hierarki teratas dalam tingkatan kebahasaan karena merupakan satuan gramatikal tertinggi dan terbesar. Dan wacana juga dapat berupa kata, kalimat, paragraf, atau karangan yang sangat utuh dan lebih besar, seperti artikel atau buku. Kata-kata yang sering digunakan dalam wacana berpotensi sebagai kalimat, bukan kata yang keluar dari konteks. Wacana sangat bergantung pada keutuhan dan keaslian unsur makna dan konteks yang melengkapinya.
Image result for wacana
Menurut James Deese, macana merupakan seperangkat proposisi yang saling berhubungan satu sama lain untuk menghasilkan rasa yang kepaduan atau rasa kohesi untuk si penyimak atau pembaca. Kepaduan dan kohesi akan muncul dari isi wacana.

baca : Pentingnya Pendidikan Moral Pada Kehidupan Manusia
Menurut Fatimah Djajasudarma (1994:1), wacana adalah deretan kalimat yang saling berhubungan, dapat menghubungkan proposisi yang satu dengan yang lain, membentuk suatu satu kesatuan.

Perhatikan contoh wacana berikut ini:

    Sangat butuh uang tunai segera. Sebuah Ruko, luas tanah 20 x 20 m persegi dan luas. Tidak melalui perantara. Minat hubungi 0821 6765 6765.

   Jakarta kembali terbenam kebanjiran. Banyak sekali orang bingung tidak uang. Presiden sedang menghadiri pertemuan DPRD. Pagi hari ini jalan tol ramai terkendali.

Contoh satu adalah contoh wacana yang baik, karena kalimatnya tersusun dengan rapi, informasinya pun jelas, dari kalimat satu ke kalimat lain saling berhubungan.

Contoh yang ke dua adalah contoh wacana yang terpisal-pisah maknanya sehingga tidak membentuk satu kesatuan yang utuh sebuah wacana. Tidak saling berhubungan antara kalimat satu dengan yang lainnya.
Jenis-Jenis bentuk Wacana

Berikut adalah 5 jenis wacana antara lain:

    Narasi

Narasi merupakan sebuah rangkaian cerita yang didasarkan pada urutan suatu peristiwa atau kejadian. Narasi berbentuk narasi imajinatif seseorang dan narasi ekspositaris. Unsur-unsur dari narasi adalah tokoh, alur, kejadian, konflik, dan latar serta waktu, suasana dan tempat.

    Eksposisi

Eksposisi merupakan sebuah karangan yang menjelaskan dan menerangkan karangan dengan terperinci yang tujuan agar memberikan sebuah informasi atau dapat memperluas ilmu dan pengetahuan bagi pembaca. Karangan eksposisi digunakan untuk karya ilmiah seperti untuk seminar, simposium , makalah-makalah, artikel ilmiah, atau penataran.

    Argumentasi

Argumentasi merupakan karangan yang berisikan pendapat seorang atau ahli, sikap, maupun penilaian terhadap sesuatu disertai dengan bukti, alasan dan peryataan yang dapat diterima secara logis. Argumentasi bertujuan untuk menyakinkan bahwa itu benar atau salah.

    Deskripsi

Deskripsi merupakan karangan yang menggambarkan sesuatu objek berdasarkan hasil dari pengamatan, perasaan, dan pengalaman dari penulis.

Contoh Wacana Pendek :

Terima kasih ! Sedah Mematikan Air Kran.

Contoh Wacana Panjang:

Dijual. Sangat butuh uang tunai segera. Sebuah Ruko, luas tanah 20 x 20 m persegi dan luas. Tidak melalui perantara. Minat hubungi 0821 6765 6765.
Keutuhan Wacana

artikel lainnya : Contoh Laporan Teks Hasil Observasi Singkat dan Sederhana
    Kohesi

Kohesi merupkan hubungan antar kalimat dan paragraf, yang dapat menyebabkan kalimat dan paragraf tersebut menjadi satu kesatuan yang padu, sehingga menjadi sebuah wacana yang utuh. Wacana di atas menggunakan pola hubungan konjungsi, konjungsi merupakan kata hubung.

    Koherensi

Koherensi merupakan keterkaitan antara kalimat yang sistematis. Keterkaitan tersebut yang mengakibatkan kamlimat menjadi terpadu.

source : ayoksinau
Nah itu merupakan Pengertian Wacana, Jenis-Jenis Dan Bentuk Wacana, Keutuhan Wacana, Contoh Wacana. Kunjungi juga Ayoksinau.com di sana banyak sekali artikel-artikel yang tentunya menarik.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Jenis-Jenis, Bentuk Wacana, Pengertian Wacana dan Contoh Wacana"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

TUTORIAL CARA LAPOR SPT TAHUNAN PRIBADI ONLINE 2020

Iklan Bawah Artikel