Pengertian Sistem Informasi Manajemen Lengkap Dengan Kegunaanya & Contohnya

adalah suatu sistem informasi yang dipergunakan oleh organisasi untuk mengelola semua transaksi yang mendukung fungsi manajemen, dan dapat berguna untuk pengambilan keputusan. Atau sistem informasi manajemen yaitu sistem informasi yang menghasilkan Output dengan masukan Inputdan berbagai proses lainnya yang hasilnya dibutuhkan untuk tujuan tertentu dalam kegiatan manajemen.
SIM atau Sistem informasi manajemen, hasil dari SIM umumnya selalu menjadi pertimbangan untuk mengambil keputusan dalam sebuah organisasi. Dengan menggunakan Sistem Informasi Manajemen, berbagai macam pekerjaan yang ada kaitannya dengan analisis manajemen selalu dapat diselesaikan dengan cepat. Sistem Informasi Manajemen dapat berjalan baik jika didukung dengan teknologi yang sempurna, sumber daya manusia yang berkualitas dan komitmen organisasi. Sistem Informasi Manajemen sangat berguna untuk mendukung fungsi manajemen, operasional dan pengambilan suatu keputusan.

baca : Inilah Sejarah Soekarno 
 
Kegiatan Sistem informasi manajemen juga dapat mendukung proses bisnis pada sebuah perusahaan dan sangat penting untuk kelangsungan perusahaan. Jadi perusahaan harus memiliki komitmen untuk menjalankan SIM, supaya berbagai proses pada perusahaan termasuk proses produksi dapat berjalan dengan sempurna dan tentunya dapat memberikan keuntungan juga.
Agar tujuan SIM dapat berguna bagi manajemen, maka analisis sistem harus mengetahui berbagai bentuk keperluan informasi yang dibutuhkannya misalnya dengan mengetahui berbagai kegiatan pada masing-masing tingkatan manajemen dalam organisasi dan tipe keputusan yang bisa diambil untuk menyelesaikan permasalahan. Dapat dibicarakan bahwa dibikinnya sistem informasi manajemen pada suatu perusahaan yaitu supaya manajemen dapat mempunyai berbagai informasi bermanfaat yang nantinya dapat digunakan untuk pengambilan keputusan.
gambar pengertian sistem informasi manajemen

Proses Pada Sistem Informasi Manajemen

Tentunya untuk menjalankan SIM membutuhkan berbagai proses, inilah proses SIM dan aktivitas-aktivitasnya:
1.Perencanaan
Merupakan rumusan mengenai metode kegiatan secara rinci, untuk mencapai tujuan atau target akhir dari suatu organisasi. Jadi perencanaan merupakan langkah-langkah yang rinci untuk mencapai suatu tujuan organisasi.
2. Pengendalian
Jika perencanaan telah dibuat dan dikerjakan atau di terapkan oleh kelompok-kelompok suatu organisasi, maka manajer harus mengawasi pekerjaan dari perencanaan tersebut supaya dapat berjalan dengan baik dan tidak menyimpang dari jalur yang sudah benar.
3. Pengambilan keputusan
Merupakan pemilihan keputusan diantara berbagai macam alternatif yang ada, proses ini merupakan hasil dari perencanaan dan pengendalian. Jadi manajer harus memilih diantara berbagai macam keputusan yang ada supaya tujuan perusahaan atau organisasi dapat tercapai.

Karakeristik Sistem Informasi Manajemen

Adapun karakteristik yang dimiliki oleh SIM, diantaranya:
Meningkatkan efektifitas dan efesinsi dengan mengurangi pengeluaran biaya.
Beroperasinya pada tugas yang terstruktur yaitu seperti pada prosedur perencanaan, pengawasan dan pengambilan keputusan.
Menghasilkan pengeluaran misalnya berupa laporan yang bermanfaat bagi manajemen untuk pengambilan suatu keputusan (keputusan yang diambli hasil dari pertimbangan dan analisis laporan).

Fungsi atau Manfaat SIM Secara Umum

Dapat disimpulkan dari penjelasan diatas tadi beberapa fungsi/manfaat SIM diantaranya:
1.Untuk memudahkan manajemen dalam melakukan perencanaan, pengawasan dan pengambilan keputusan.
2. Untuk meningkatkan efesiensi dalam mengakses data atau informasi supaya lebih cepat dan akurat.
3. Untuk meningkatkan kualitas dari sumber daya manusia dan sumber daya lainnya yang dapat mendukung organisasi atau perusahaan.

baca lagi : Ternyata Beginilah Sejarah Zombie Yang Sebenarnya  

Manfaat Sistem Informasi Manajemen Bagi Perusahaan

Adapun beberapa manfaat yang didapatkan dari SIM untuk perusahaan, diantaranya:
1. Adanya ketersediaan kualitas dan keterampilan dalam memanfaatkan sistem informasi.
Meningkatkan aksesbilitas informasi secara tepat waktu dan secara benar untuk para pemakai, tanpa dibutuhkan perantara.
2. Dapat berguna untuk mengelola berbagai transaksi, mengurangi biaya dan menghasilkan informasi baru yang dapat menciptakan keuntungan.
Dapat mengembangkan proses perencanaan yang telah dibuat supaya menjadi lebih efektif.
3. Dapat meneliti bermacam kebutuhan keterampilan yang mendukung sistem informasi.
Mengantisipasi dan memahami berbagai macam konsekuensi ekonomis dari suatu sistem informasi dan teknologi yang baru.
4. Memperbaiki produktivitas dalam aplikasi pemeliharaan maupun pengembangan sistem informasi.
5. Mendukung untuk pengambilan suatu keputusan manajemen.
Kenapa Sistem Informasi Manajemen Sangat Di Perlukan Dalam Bisnis?
Terdapat hal-hal lain yang membuat SIM menjadi sangat dibutuhkan, salah satunya dalam dunia bisnis. Misalnya manajer harus langsung berhadapan dengan lingkungan bisnis yang semakin kompleks atau rumit. Salah satu alasannya dari kerumitan ini yaitu semakin ketatnya persaingan dan peraturan yang dikeluarkan oleh pemerintah. Selain hanya rumit, tapi lingkungan bisnis juga selalu dinamis sehingga para manajer harus membuat keputusan yang tepat dari informasi yang telah di didapatkannya untuk membuat keputusan bisnisnya.

Klasifikasi Sistem Informasi Manajemen

SIM adalah kumpulan dari berbagai macam sistem informasi, oleh karena itu SIM terdiri dari sistem-sistem seperti:
1. Sistem informasi personalia
Menyuguhkan berbagai macam informasi yang ada kaitanya dengan kelompok, pegawai, pengumuman dan lain-lain.
2. Sistem informasi akuntansi
Menyuguhkan berbagai macam informasi dari transaksi keuangan pada suatu organisasi atau perusahaan.
3. Sistem informasi pemasaran
Menyuguhkan berbagai macam informasi yang ada hubungannya dengan perdagangan, promosi dan kegiatan pemasaran lainnya.
4. Sistem informasi manajemen persediaan
Menyuguhkan berbagai macam informasi yang ada hubungannya dengan persiapan, persediaan, cadangan dan lain-lain.
5. Sistem informasi distribusi
Menyuguhkan berbagai macam informasi yang ada hubungannya dengan penyaluran dan pengiriman barang atau jasa ke berbagai tempat.
6. Sistem informasi pembelian
Menyuguhkan berbagai macam informasi yang ada hubungannya dengan permintaan barang dari konsumen dan lain-lain.
7. Sistem informasi kekayaan
Menyuguhkan berbagai macam informasi yang ada hubungannya dengan investasi, aset perusahaan dan lain-lain.
8. Sistem informasi penelitian & pengembangan
Menyuguhkan berbagai macam informasi yang ada hubungannya dengan analisis data, penyajian data dan lain-lain untuk memecahkan masalah yang ada demi kemajuan dan perkembangan organisasi.
9. Sistem informasi analisis kredit
Menyuguhkan berbagai macam informasi yang ada hubungannya dengan permohonan kredit dari berbagai aspek yang ada pada organisasi .
10. Sistem informasi teknik
Menyuguhkan berbagai macam informasi yang ada hubungannya dengan sistem-sistem yang ada pada organisasi.

Tingkatan-Tingkatan Manajemen

Sistem informasi akan memberikan berbagai macam informasi kepada manajemen/manager. Adapun tingkatan-tingkatan manajemen dalam organisasi, diantaranya:
1. Top Level Management
Dikatakan juga dengan manajemen puncak, biasanya terdiri dari CEO, pimpinan direksi, general manager,komisaris atau presiden direksi. Top level manajemen merupakan tingkatan manajemen yang tertinggi dalam suatu organisasi, memiliki tanggung jawab terhadap semua aktivitas atau kegiatan organisasi.
2. Middle Level Management
Dikatakan juga manajemen setandar, biasanya seperti manajer divisi, kepala cabang-cabang, kepala departemen dan lain-lain. Mempunyai tanggung jawab untuk mengembangkan rencana-rencana sesuai dengan tujuannya dan mempunyaii tanggung jawab kepada manajemen tertinggi.
3. Lower Level Management
artikel lainnya : Ternyata Beginilah Sejarah Zombie Yang Sebenarnya
Disebut juga dengan manajemen lini pertama, biasanya seperti mandor, supervisor dan lain-lain. Adalah angakatan manajemen paling rendah, bertugas untuk menjabat dan mengawasi petugas-petugas operasional dan bertanggung jawab kepada manajemen yang lebih tinggi.
Perlu diketahui bahwa sistem informasi manajemen tidak selalu menggunakan atau membutuhkan perangkat komputer dalam operasionalnya. Sekian ketikan yang membabarkan tentang penjelasan sistem informasi manajemen, semoga dapat dimengerti dan tentunya semoga dapat memberikan manfaat terutama dalam menambah pengetahuan pembaca.
Demikianlah ulasan mengenai Pengertian (SIM) Sistem Informasi Manajemen.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengertian Sistem Informasi Manajemen Lengkap Dengan Kegunaanya & Contohnya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

TUTORIAL CARA LAPOR SPT TAHUNAN PRIBADI ONLINE 2020

Iklan Bawah Artikel