Pengertian Populasi Menurut Definisi Para Ahli

Pengertian Populasi diartikan sebagai wilayah generalisasi yang terdiri atas : objek/subjek yang mempunyai kualitas dan karakteristik tertentu yang ditetapkan oleh peneliti untuk dipelajari dan kemudian ditarik kesimpulannya (Sugiyono, 2006: 117).

Definisi Populasi merupakan keseluruhan (universum) dari objek peneltian yang dapat berupa manusia, hewan, tumbuh-tumbuhan, udara, gejala, nilai, peristiwa, sikap hidup, dan sebagainya, sehingga objek-objek ini dapat menjadi sumber data penelitian (Burhan, 2000:40).
Image result for populasi

Populasi adalah keseluruhan objek penelitian terdiri dari manusia, benda –benda, hewan, tumbuh–tumbuhan, gejala–gejala, atau peristiwa–peristiwa sebagai sumber data yang memiliki karakteristik tertentu dalam suatu penelitian (Nawawi, 1998:141).

Populasi kurang dari 100 maka dipakai rumus N = n yang artinya populasi adalah sampel (Arikunto, 2002:104).

Populasi berasal dari kata bahasa Inggris yaitu “population” yang berarti jumlah penduduk. Populasi penelitian merupakan keseluruhan dari objek penelitian yang dapat berupa manusia, hewan, tumbuhan, udara, gejala, nilai, peristiwa, sikap hidup dsb, sehingga objek-objek ini dapat menjadi sumber data penelitian. (Burhan Bungin. Metologi penelitian sosaial. Surabaya : Airlangga University Press. 2001. Hal 101.)

baca y: Pengertian rokok dan bahaya merokok

Daftar Pustaka:
Sugiyono, Prof, Dr, 2006.  Metode Penelitian Pendidikan ( Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Penerbit Alfabeta.

Bungin, Burhan. 2004.  Metode Penelitian Kuantitatif.  PT. Prenada Media. Jakarta.

Nawawi, Hadari.1998.  Metode Penelitian bidang Sosial. Gajahmada University Pess. Yogyakarta

Arikunto, Surhasini. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.Rineka Cipta: Jakarta 
source: landasanteori

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengertian Populasi Menurut Definisi Para Ahli"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

TUTORIAL CARA LAPOR SPT TAHUNAN PRIBADI ONLINE 2020

Iklan Bawah Artikel