Inilah Cara Pengisian Jadwal Pelajaran di dapodik 2019 Lengkap Dengan Gambarnya

Untuk mengisi jadwal, pertama klik menu Jadwal yang terdapat pada sidebardi sebelah kiri aplikasi.
Gambar. Menu Jadwal pada Aplikasi Dapodik

Selanjutnya, pilih prasarana yang akan diinput detail jadwalnya. Prasaranayang ditampilkan hanya yang sudah diinputkan pada menu Sarpras. Setiapprasarana yang terpilih nantinya akan memunculkan data rombongan belajaryang menggunakan prasarana tersebut.

Untuk pengisian jadwal terdapat tujuh hari (Senin s.d. Minggu) yang nantinyapilihan hari tersebut dipilih dan akan muncul beberapa data mata pelajarandisertai data guru dan alokasi jumlah jam perminggunya. Sehingga, sebelumpengisian pada menu jadwal, pastikan pembelajaran pada tabel rombonganbelajar telah terisi dengan benar berikut data prasarananya.Pada tampilan menu jadwal di bagian atas terdapat menu untuk memilihprasarana yang akan diisi jadwalnya. Pilih prasarana ruang kelas yang akandiisi datanya kemudian pilih jadwal hari lalu klik tambah.

Inilah Cara Pengisian Jadwal Pelajaran di dapodik 2019 Lengkap Dengan Gambarnya


Akan muncul beberapa kolom dengan beberapa keterangan seperti padagambar di bawah.

PembelajaranMenampilkan mata pelajaran yang akan diinput kedalam jadwal. Matapelajaran yang ditampilkan diambil dari isian pembelajaran pada tabulasirombongan belajar.
Alokasi JamPenempatan urutan waktu sesuai dengan alokasi jumlah jam mengajar padapembelajaran.
Pembelajaran ke -Penempatan urutan waktu mata pelajaran sesuai dengan alokasi jadwal disekolah setiap harinya.Pilih pembelajaran yang akan dimasukkan, data mata pelajaran yang tampildiambil dari isian pembelajaran pada pada salah satu rombongan belajar yangmenggunakan prasarana tersebut.

Selanjutnya isi kolom alokasi jam dan pembelajaran ke-. Untuk alokasi jamdiambil dari menu JJM Pembelajaran pada salah satu rombongan belajar danuntuk dimulai jam ke didasarkan pada urutan mata pelajaran berdasarkanjadwal di sekolah pada hari yang sudah terpilih.



Gambar di atas menjelaskan isian pembelajaran salah satu rombongan belajaryang mengalokasikan jumlah jam perminggu untuk mata pelajaran BahasaIndonesia sebanyak 4 jam.Pengisian alokasi jam djumlah jam mata pelajaran per minggu yang dapatdibagi menjadi beberapa jam di hari yang berbeda.Contoh : jika dalam tabel pembelajaran di kelas 10A mata pelajaran BahasaIndonesia diisi sebanyak 4 jam selama satu minggu dalam satu rombonganbelajar, maka pada pengisian jadwal ini dapat dibagi menjadi 2 hari (Senindan Selasa) dengan masing-masing 2 jam alokasi.Maka pemecahannya:Mata pelajaran Bahasa Indonesia kita tempatkan di hari senin sebanyak 2 jampada urutan jadwal di isian “Pembelajaran ke-“ 1 seperti pada gambar dibawah.
 

 
Setelah mengisi jadwal seperti gambar di atas, maka ketika sekolah akanmemilih isian mata pelajaran Bahasa Indonesia kembali, terlihat tampilanseperti berikut.


Dari alokasi jumlah jam per minggu sebanyak 4 jam dan 2 jam sudahdipetakan ke dalam jadwal, maka sisa jam untuk mata pelajaran tersebutadalah 2 jam.

Dengan sisa jam yang ada, mata pelajaran Bahasa Indonesia dapatditempatkan di hari selasa sebanyak 2 jam pada urutan jadwal “Pembelajaranke-3” seperti gambar di bawah ini.

ok, itulah cara Pengisian Jadwal Pelajaran di dapodik 2019 Lengkap Dengan Gambarnya. semoga aartikel ini bermanfaat ya. dan jangan lupa juga untuk di share ya. terimaksih
sumber buku panduan dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id


Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Inilah Cara Pengisian Jadwal Pelajaran di dapodik 2019 Lengkap Dengan Gambarnya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

TUTORIAL CARA LAPOR SPT TAHUNAN PRIBADI ONLINE 2020

Iklan Bawah Artikel